Info Terkini COVID-19

Info Terupdate COVID-19 Indonesia

Menurut pengalaman pribadi para penderitanya, COVID-19 memiliki gejala yang sangat luas. Gejala ini bisa sangat bermacam-macam mulai dari yang ringan hingga parah. Semua gejala ini dapat terlihat dalam jangka waktu 1(satu) hingga 14 hari setelah tubuh Anda terekspos oleh virus. Biasanya, gejala akan berkembang lima sampai enam hari setelah virus masuk dalam tubuh. Berikut ini hanya merupakan beberapa dari sekian banyak gejala COVID-19 yang diklasifikasikan sesuai tingkat keumumannya.

Gejala yang lebih umumGejala yang lebih jarang
Demam / meriangNyeri otot
BatukNyeri sendi
Sakit tenggorokanDiare
Nafas pendek / sesakMual
Indra penciuman / perasa hilang kesensitifanHilang nafsu makan
Hidung mampet / melerMuntah-muntah
Sakit kepala
Tubuh letih

Nyeri/tekanan pada dada dan konjungtivitis (infeksi mata) yang tidak jelas sebabnya juga disebut-sebut sebagai gejala COVID-19. Dalam kasus-kasus tertentu yang parah, infeksi dapat merangsang penyakit pneumonia karena kesulitan bernapas sudah dalam tahap parah. Gejala-gejala di atas tidak mencakup seluruhnya karena menurut pengalaman para penderita, virus ini bisa memberikan gejala yang bahkan tak bisa ditebak. Malahan, pada beberapa kasus positif COVID-19, para penderita tidak mengalami gejala apapun layaknya orang yang bertubuh sehat. Ini disebut infeksi “asimtomatik” yang berarti tanpa gejala.

Cegah COVID-19 dengan 5M

COVID-19 adalah penyakit gangguan sistem pernapasan yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang saat ini menjadi pandemi dan sudah menyebar ke puluhan negara termasuk Indonesia. Penyebaran virus ini relatif cepat dan oleh karena itu pemerintah membuat pedoman dan protokol kesehatan untuk menghadapi virus Corona yang dikenal dengan sebutan 5M. Dilansir dari halodoc, berikut ini adalah 5M yang berguna untuk mencegah penularan virus corona tersebut.

  1. Mencuci Tangan
    Mencuci tangan menggunakan sabun dengan rutin merupakan salah satu cara untuk membunuh virus dan kuman sehingga efektif untuk mencegah penularan virus corona. Disarankan untuk mencuci tangan selama 20 detik menggosok seluruh bagian tangan dengan sabun secara merata. Cuci tanganlah sebelum melakukan aktivitas seperti memasak, makan, memegang area atau setelah melakukan aktivitas diluar ruangan.
  1. Memakai Masker
    Virus corona dapat menular melalui droplets saat seseorang bernafas, batuk, ataupun bersin. Oleh karena itu penting untuk menggunakan masker saat beraktivitas diluar ruangan terutama saat berhadapan dengan orang lain. Namun penggunaan masker di dalam ruangan juga berlaku apabila:
  • Terdapat anggota keluarga yang terinfeksi COVID-19
  • Terdapat anggota keluarga yang berpotensi terkena COVID-19
  • Merasakan sakit atau gejala COVID-19
  • Ruangan yang sempit dengan jarak kurang dari 2 meter
  1. Menjaga Jarak
    Menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI dalam “Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19” disebutkan bahwa untuk menghindari terkena droplets dari orang yang bicara, batuk, bersin, serta untuk menghindari terjadinya kerumunan, keramaian, dan berdesakan, tiap-tiap orang diwajibkan untuk menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.
  1. Menjauhi Kerumunan
    Mengingat kondisi rentan saat ini, masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas diluar rumah, apalagi aktivitas yang dapat menimbulkan kerumunan. Semakin banyak dan semakin sering Anda bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus corona pun akan semakin tinggi. Oleh karena itu, penting untuk menghindari tempat ramai dan berkerumun apalagi saat sedang merasa sedang tidak fit dan sakit. 
  1. Mengurangi Mobilitas
    Sebisa mungkin kurangi melakukan aktivitas diluar rumah karena semakin banyak Anda menghabiskan waktu diluar rumah maka semakin tinggi pula potensi terpapar virus corona. Sayangi diri Anda dan keluarga dengan membatasi aktivitas diluar rumah karena corona bisa berada dimana saja.

Upaya Tindak Lanjut

Banyak faktor yang mampu menyebabkan imunitas Anda menurun. Momen tersebut kerap menjadi peluang bagi virus apapun untuk masuk dan memberikan reaksi pada tubuh, sama halnya dengan COVID-19 (Wikipedia). Mengingat gejala virus ini yang tidak bisa ditebak, diperlukan antisipasi yang tinggi bilamana Anda mulai merasakan perubahan tidak nyaman pada kesehatan tubuh Anda. Sebab, jika lengah dan tidak segera ditangani, virus ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda dengan sangat cepat dan signifikan. Beberapa upaya berikut ini dapat Anda lakukan jika mulai merasakan gejala apapun pada kesehatan tubuh Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu sejak lahir atau genetik, langkah-langkah antisipatif ini mungkin bisa sangat membantu Anda.

  • Isolasi Mandiri
  • Menghubungi layanan lembaga kesehatan untuk COVID-19
  • Cari tahu informasi rumah sakit di sekitar Anda yang masih mampu menerima pasien apabila sekiranya kelak membutuhkan pertolongan darurat

Semua informasi dari Misterjudi serta upaya tindak lanjut dapat Anda cek dan pelajari selengkapnya pada situs resmi pemerintah Indonesia untuk COVID-19. Situs ini dapat Anda akses melalui tautan https://covid19.go.id terutama pada segmen “Info Penting”.

Beranda
Unduh
Masuk
Promosi
Hub. Kami